cHeYa
this site the web

Apa Itu Dioxin?






Dioxin adalah salah satu dari ratusan senyawa kimia beracun yang larut dalam lemak dan sangat stabil di lingkungan, sehingga bakteri di alam pun tidak dapat menguraikannya. Nama lengkapnya: Tetraclorodibenzo-p-dioxin atau disingkat TCDD rumus kimianya: C12H4O2Cl4. Bagi masyarakat awam dioxin adalah nama kimia yang tidak sepopuler DDT atau merkuri. Namun bagi para ahli toksikologi lingkungan dioxin dikenal sebagai zat kimia yang amat toksis (beracun). International Agency for Research on Cancer (IARCH), satu bagian dari organisasi kesehatan PBB-WHO pada tanggal 14 Februari 1997 mengumumkan bahwa dioxin dengan rumus kimia 2,3,7,8 tetra chlorodibenzo-p-dioxin adalah zat penyebab kanker (karsinogenik) nomor satu di dunia dan dikenal sebagai zat penyebab kanker-buatan manusia yang paling berbahaya.

Dioxin merupakan sebuah hasil sampingan dari proses Bleaching (pemutihan) yang digunakan pada pabrik kertas, termasuk pabrik pembalut wanita, tissue, sanitary pad dan diaper (pembalut/popok untuk anak-anak). Bagi masyarakat awam, nama Dioxin tidaklah sepopuler Merkuri ataupun Formalin, namun bagi para ahli toksikologi lingkungan Dioxin dikenal sebagai zat kimia yang amat toksis (beracun).

Dioxin menyerang sel2 receptor yang dirancang untuk mengatur kerja hormon2 dan enzym2 sehingga:
1. Merusak enzym: aryl hydrocarbon hydroxylase yang menyebabkan gejala kanker. Survey membuktikan:Kejadian kanker testis berlipat 3X dalam 50 th.
2. Merusak hormon2:
Jumlah kepadatan sperma laki2 seluruh dunia turun 50% dibandi...ngkan 50 thn yang lalu.
Bagaimana zat dioxin bisa meresap ke dalam rahim wanita? Pertanyaan yang bagus, ketika kita menstruasi dan memakai pembalut biasa, darah haid yang jatuh ke permukaan pembalut, akan menyebabkan zat dioxin terlepas melalui penguapan. Pertama akan mengenai permukaan vagina, kemudian akan diserap dalam rahim melalui saluran serviks, menuju uterus, tuba fallopi, dan berakhir di ovarium, apa yang akan terjadi setelah penumpukan tersebut berlangsung setiap detik selama haid selama berapa tahun???

Dioksin secara langsung mampu menurunkan sel B dan secara tidak langsung menurunkan jumlah sel T yang berperan dalam sistem imun. Karena mampu mengubah fungsi genetika sel, jadi dapat menyebabkan timbulnya penyakit genetis dan dapat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Di Mana Saja Ada Dioksin?

Dioksin sangat jarang terdapat dalam alam, sebagian besar dioksin bersumber dari manusia. Sejarah mengapa dioksin mulai terakumulasi ke dalam lingkungan hidup yaitu ketika founder perusahaan Dow Chemical (Midland, Michigan) menemukan suatu cara membelah molekul garam dapur (NACl) sehingga pecah menjadi atom-atom natrium dan atom klorin.

Dengan demikian, hal itu menjadi tonggak sejarah pertama kali manusia mampu menghasilkan jumlah klorin bebas secara besar-besaran. Disebut klorin bebas karena tidak melekat pada senyawa atau atom lain. Pada awalnya, mereka kebingungan mau diapakan klorin bebas tersebut, yang merupakan limbah yang tidak tahu kegunaannya dan bersifat berbahaya.

Umumnya dioxin dihasilkan dari pembakaran sampah, hasil samping produk pestisida, pembakaran dari proses produksi baja atau proses kimia suatu produk yang menggunakan chlor sebagai pemutih seperti kertas, plastik, bahan T-shirt dan sebagainya.

Dioksin dikenal sebagai senyawa hidrofobik (tidak akur dengan air). Artinya bila dioksin berada di air, akan menghindari air dan mencari tempelan atau masuk ke dalam tubuh ikan. Demikian juga halnya mekanisme cara pencemaran pada binatang liar. Dioksin akan mencari binatang untuk ditempeli dan dimasuki. Yang sangat disayangkan, manusia tidak memiliki piranti dan mekanisme yang mampu memusnahkan dioksin di dalam tubuhnya dan membiarkan saja pecah sendiri menurut waktu paruh pemecahan secara alamiah (chemical half time).

Dari hasil evaluasi EPA (1994), telah dikonfirmasikan bahwa dioksin merupakan senyawa organik yang paling beracun yang manusia pernah ketahui, pengaruhnya sangat negatif terhadap risiko kesehatan, bahkan dengan dosis yang sangat kecil yaitu 10-15 ppt (part per trillion), yang terakumulasi selama hidup. Berdasarkan hal tersebut, EPA menetapkan ambang batas dioxin yang diizinkan dalam tubuh manusia adalah sekitar 0,006 pikogram (seper juta-juta gram) per kilogram berat badan, atau sekitar 0,40 pikogram untuk seorang dewasa. Sedangkan dosis yang dapat dipakai acuan adalah ADI (Acceptable Daily Intake) dari WHO yaitu 1-10 pg/kg/hari.

1 comments:

Anonymous said...

Ingin tau lebih jelas tentang Dioxin dan konsep DioxinFree? silahkan review website www.dioxinfree.com

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies