cHeYa
this site the web

Memperbaiki Kesalahpahaman

Ada kalanya kita punya alasan untuk menyalahkan, kesal dan marah pada orang lain... Dan kadang, orang lain tersebut juga punya alasan y ga jauh berbeda untuk menyalahkan kita. Hal itu sangatlah wajar mengingat manusia adalah makhluk sosial y punya beda persepsi dan tak luput dr khilaf.

Ketika emosi menguasai kita, kita seringkali cenderung merasa diri kita lah y benar dan orang lain y kurang tepat. Bila kita diingatkan saat itu oleh pihak ketiga, kita semakin tidak terima dan berusaha membela diri. Mengapa kita seperti itu? Karena hati kita masih tertutup emosi sehingga pikiran kita masih keruh. Sehalus apa kata-kata dari org y salah paham dengan kita, tetap aja terasa kasar. Mengapa? Karena hati kita sudah terlanjur terluka dan kita belum mau bnr2 introspeksi diri :-). Saya rasa, hampir semua orang pernah merasa seperti itu... Termasuk saya :-)

Dalam saduran buku ON BECOMING A PERSON oleh Carl Rogers, Ia berpendapat bhw;

"Reaksi pertama kita terhadap hampir semua pernyataan y kita dengar dr orang lain adalah EVALUASI/PENILAIAN bukannya PENGERTIAN untuk pernyataan tersebut. Tatkala seseorang mengekspresikan perasaannya,sikap dan keyakinannya,kecenderungan kita adl merasa bhw ITU BENAR atau HAL ITU BODOH, ITU TIDAK NORMAL, ITU TIDAK MASUK AKAL, ITU TIDAK TEPAT ato ITU TIDAK BAGUS. Sangat jarang kita membiarkan diri kita untuk mengerti scr tepat apa arti PERNYATAAN ITU BAGI ORG LAIN"

Menurut saya, bila kita sedang emosi karena kesalahpahaman, lebih baik menenangkan diri dulu. Lebih dekatkan diri dengan Allah, hindari hal-hal y bisa memicu emosi dan mengkaji kembali permasalahan itu. Berpikir segala sesuatu tidak hanya dari sudut pandang kita namun juga sudut pandang orang lain. Cari jalan bagaimana kesalahpahaman itu tidak berlanjut... Akui kesalahan bila kita y salah... Kadang, persepsi kita tidak selalu benar...

Bila pihak y salah paham dengan kita mengeluarkan uneg-uneg nya, biarkan saja dulu... Meski kita juga sedang emosi, tapi kendalikan emosi itu bila kita memang ingin mengakhiri hal y tidak mengenakkan tersebut. Beri respon y positif meski itu SANGAT TIDAK MUDAH... Kalo kita menanggapi dengan mengeluarkan 100% uneg-uneg kita, hal itu akan buang-buang waktu dan energi!!. Mungkin dengan melakukan hal itu kita merasa puas dan menang hingga pihak tersebut tidak bisa berkutik. Tapi, pikir kembali dampak buruk y lain?!!! Ingat, semakin lama luka itu membekas, akan semakin sulit memaafkan dan hubungan y diharapkan bisa lebih dekat, akan justru sebalikna.

Apa untungna pembalasan itu buat kita? Apa menyakiti balik orang lain membuat kita bangga??? Kesalahpahaman itu lebih baik d hindari :-) bukankah msh bnyk hal y lbh penting y hrz kita pikirkan? kalo seandaina itu terjadi, berdiplomasi aja dg sesempurna mungkin y qt bisa... Of course, jgn lp dg memperhatikan hal-hal d atas tadi.

"DIAM BUKAN BERARTI KALAH, BUKAN BERARTI TIDAK PUNYA ALASAN MENGAPA BERSIKAP SEPERTI ITU"

Seorang SAHABAT y sangat berjasa dlm hidup saya... Y saya tlah belajar bnyk darina, pernah berkata pada saya;

"Sakit itu karena kita d kuasai emosi. Emosi ada karena kita bereaksi berlebihan. Aku rasa kamu tahu, masalah apapun... y penting adalah bagaimana reaksi kita. Kita menikmatinya atau kita pusing dgn diri sendiri itu terserah kita. Tapi y pasti, kita bakal melewati fase masalah itu"

Kadang, kita memang d takdirkan melewati suatu jalan dan salah satuna adalah kesalahpahaman kita dg pihak tertentu. So, nikmati aja rasa kesal y ada ketika proses salah paham itu agar rasa kesal y sebenarna tidak nyaman, bisa terasa lebih baik. Smua adalah kehendak Allah dan enjoy dg hal y kita hindari SANGATLAH TIDAK MUDAH. Namun, kita msh punya apa y ada dalam kendali kita "persepsi dr hati dan pikiran" untk lbh blajar dg positif ktk memahami sesuatu.

kepada mereka y pernah mengalami proses salah paham dg saya, maaf yah... Thx dah menginspirasi saya untuk menulis artikel ini dan mengajari saya bnyk hal dg ijinNya... :-)


Batavia, 27/1/08
y msh awam mencari jati diri... Y msh seringkali khilaf... Y msh berusaha menjadi org y mlht cahaya impian sblm dunia melihatna...


Best Regards,


c-yakuw
flacheya@gmail
www.Flacheya.com

0 comments:

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies